VW Golf R Ini Bertenaga 580 PS, Mendekati Lamborghini

VW Golf R Ini Bertenaga 580 PS, Mendekati Lamborghini

Oettinger Sportsystems GmbH, rumah tuning milik VW Group yang menggarap mobil-mobil Audi, VW, Porsche dan Skoda, baru-baru ini memperkenalkan kreasi terbarunya sebuah hatchback super yang bertenaga 580 PS. Volkswagen Golf R 500 itu dipamerkan di ajang Wörthersee VW Show, Austria, pada 13 – 16 Mei ini.

Siaran pers Oettinger yang dilansir Worldcarfans, Senin (18/5/20150 menyebutkan mesin VW Golf R berkapasitas 2.500 cc TFSI lima silinder telah mengalami serangkaian ubahan. Mulai dari turbocharger, asupan udara, hingga piston menggunakan model baru.

Sementara, untuk mengimbangi ubahan berbagai peranti penting, seperti ECU juga disetel ulang agar kerja sistem di mesin juga lebih maksimal. Hasilnya memang tokcer. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 580 PS dan torsi 680 Nm. Mendekati sebuah mobil sport seperti Lamborghini.

Dengan tenaga sebesar itu, Golf R 500 itu mampu berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik. Bahkan mampu melesat hingga 300 km/jam.

Serangkaian ubahan itu juga dibarengi dengan peningkatan tampilan. Pada bagian eksterior misalnya, Oettinger menggunakan body kit untuk menambah kesan lebar dan agresif pada bagian bodi. Tampilan ini disokong oleh penggunaan pelek berukuran 20 inci dan dibalut dengan ban Dunlop Sport Maxx.

Sedangkan di bagian kabin, ubahan lebih menonjolkan kesan sporty. Kesan itu mulai terlihat dari jok yang dilpaisi kulit Alcantara.

Knob gear juga disesesuaikan dan dilapisi lembaran kulit. Baik lembaran pembalut jok maupun knob itu dijahit secara manual dengan benang berkelir kontras.

Berbekal sederet keunggulan itulah, Oettinger berani membanderolnya 150.000 euro atau sekitar Rp 2,3 miliar.

About the Author

Chat with me