Volkswagen Takut Bawa Mobil Bermesin Diesel ke Indonesia, Ini Sebabnya

Volkswagen Takut Bawa Mobil Bermesin Diesel ke Indonesia, Ini Sebabnya

PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Volkswagen (VW) di Indonesia baru saja meluncurkan Tiguan terbaru. Di pasar global Tiguan generasi kedua itu memiliki dua pilihan mesin yaitu bensin dan diesel. Khusus pasar Indonesia GMM hanya membawa mesin bensin saja tanpa menawarkan yang diesel. Kualitas bahan bakar solar yang ada di Indonesia menjadi penyebab GMM bersikeras tidak mau memasukkan model dengan mesin diesel.

“Mobil mesin diesel enggak berani bawa masuk karena kondisi kita punya solar buruk. Masalahnya kalau kami bawa masuk yang diesel, sekali kena injektornya harga gantinya mahal sekali. Karena partikelnya 0,0 sekian mikron. Misalkan ada debu saja nyangkut di injektornya itu akan merusak semuanya,” kata Chief Operating Officer (COO) GMM, Jonas Cendana, belum lama ini.

Pemerintah sudah menerbitkan aturan standar emisi Euro4 untuk mesin diesel. Aturan itu akan berlaku efektif 4 tahun sejak Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan No 20/Setjen/Kum.1/3/2017 ditandatangani yakni terhitung sejak 10 Maret 2017.

Meski nantinya peraturan tersebut sudah berlaku, kata Jonas, pihaknya tetap tidak akan membawa mobil bermesin diesel ke Indonesia.

“Kalau dibilang Euro4 diterbitkan kembali lagi ke pelaku penyedia bahan bakar, benar atau tidak kandungan oktan di dalam bahan bakar tersebut. Tetapi tentunya kita juga harus teliti karena kalau oktannya tidak mendukung efeknya cukup dalam ke mobil kita,” imbuh Jonas.

Mobil VW yang sudah bereda di Indonesia sudah memiliki standar emisi Euro4. Oleh karena itu pemilik kendaraan disarankan untuk menggunakan bahan bakar minyak oktan 98.

“Kita arahkan begini pokoknya pakai BBM yang oktannya 98. Tapi yang kami takutin adalah kalau stasiun pengisian bahan bakar bandel, salah-salahnya nilai oktan tidak sesuai dengan yang sebenarnya,” tukas Jonas.

Selain VW, ada beberapa APM lainnya yang juga menolak untuk membawa mobil diesel, yaitu Mazda dan Honda. -okezone.com

About the Author

Chat with me