Tekan Emisi Hingga 90%, VW Group Pakai Filter Partikulat di Mesin Bensin

Tekan Emisi Hingga 90%, VW Group Pakai Filter Partikulat di Mesin Bensin

Setelah mengakui terlibat skandal emisi beberapa waktu lalu, Volkswagen (VW) kini mulai sadar akan pentingnya menekan emisi gas buang pada kendaraan. Kini, VW Group berencana menggunakan filter partikulat di mesin bensin untuk menekan emisi gas buang.

Seperti dilansir Carscoops, Jumat (5/8/2016), VW mengumumkan, mulai 2017 nanti mereka akan mulai memasang mesin bensin dengan filter partikulat. Filter tersebut bakal menyaring partikel emisi halus hingga 90 persen.

“Setelah peningkatan efisiensi dan pengurangan keluaran CO2, kami sekarang ingin mengurangi tingkat emisi dari mesin bensin secara berkelanjutan dengan memasang filter partikulat sebagai standar,” kata Kepala Penelitian dan Pengembangan VW Group, Ulrich Eichhor.

Mesin TSI dan TFSI yang digunakan oleh VW, Audi, Bentley, Seat dan Skoda akan menggunakan filter baru tersebut. Filter itu ditanam di sistem pembuangan mobil untuk membuat emisi mobil jauh lebih bersih.

VW berharap, tujuh juta mobil dari grupnya memiliki filter tersebut pada 2022. Pengaplikasian filter itu dimulai dari mesin 1.4 TSI pada VW Tiguan dan mesin TFSI 2.0 liter milik Audi A5.

Hingga kini, belum jelas apakah filter partikulat tersebut bakal mempengaruhi performa mobil atau tidak.

About the Author

Chat with me