Tambahan Varian Untuk VW Tiguan

Tambahan Varian Untuk VW Tiguan

Volkswagen (VW) Tiguan baru saja mengalami pergantian generasi, ditengah induknya yang sedang kalutkarena masalah skandal emisi. Kehadiran Tiguan seolah menjadi pengharapan bagi VW, untuk memulai babak baru dan kembali meraih kepercayaan konsumennya.VW Tiguan merupakan salah satu produk VW yang cukup laris di seluruh dunia, termasuk di pasar Indonesia.

Yang menarik, VW Tiguan kini tidak hanya hadir sebagai compact SUV saja, tapi akan ada beberapa varian lain yang siap diluncurkan. Setelah compact SUV dengan 5-seater, Tiguan juga akan memiliki varian 7-seater yang lebih besar, dan kemudian akan ada Tiguan coupe 5-door, yang dicanangkan untuk berhadapan langsung dengan Range Rover Evoque. Kedua varian tersebut adalah bagian dari rencana pengembangan VW Tiguan yang akan terlaksana dua hingga tiga tahun kedepan.

Seperti dikutip dari situs AutoExpert, Tiguan adalah SUV dengan penggerak empat roda pertama yang memanfaatkan platform MQB buatan VW Group. Platform ini sebelumnya telah digunakan oleh VW Golf Mk 7, Skoda Oktavia, All-new Audi Q3 yang akan datang, dan beberapa produk VW Group lainnya.

Yang pertama akan diperkenalkan adalah Tiguan 7-seater dengan wheelbase 110 mm lebih panjang. Mobil yang konon akan dinamai Tiguan XL ini akan dibuat di pabrik VW di China dan Mexico, yang juga merupakan pasar penting bagi VW Group. DR. Jochen Bohle, orang yang bertanggung jawab mengembangkan kendaran compact VW menyatakan kpeada AutoExpress bahwa VW sudah memberikan lampu hijau untuk tambahan keluarga Tiguan ini.

Ia juga sangat bersemangat menyambut kehadiran Tiguan coupe, yang dicanangkan akan menggoyang dominasi Range Rover Evoque. Herbert Diess, VW Brand Chairman, mengawasi langsung pengembangannya dan dikatakan mobilnya tampak fantastis. Namun berbeda dengan Tiguan dan Tiguan XL, Tiguan Coupe akan lebih diorientasikan sebagai mobil jalan raya. Sementara dua yang lain memiliki kemampuan untuk menjelajah medan jalan aspal, ataupun offroad.

Selain itu, karena Tiguan coupe pada awalnya tidak ada dalam kalender saat All-new VW Tiguan direncanakan pada tahun 2011 lalu, lokasi produksinya belum ditentukan hingga saat ini. Hmm, jadi penasaran. Sehebat apa sebenarnya Tiguan-tiguan lain ini. -oto.com

About the Author

Chat with me