Mengenal Jenis Velg Mobil

Mengenal Jenis Velg Mobil

Dalam dunia modifikasi, velg merupakan komponen penting yang akan melengkapi penampilan mobil. Velg pun hadir dalam berbagai bentuk, desain, ukuran dan jenis.

Jenis yang pertama adalah 1-piece atau monoblok. Jenis velg ini hanya memiliki satu bagian saja, biasanya dibuat dari hasil cetakan atau menyatukan beberapa bagian komponen velg dengan menggunakan las.

Velg jenis ini biasanya dibanderol dengan harga terjangkau. Hanya saja kemudahan akses untuk mengganti gayanya terbatas. Dimana proses mengelas diperlukan untuk mengubah tampilannya.

Jenis kedua adalah 2-pieces. Velg ini terdiri atas dua bagian yang disatukan. Dimana memiliki kelebihan dapat dimodifikasi lebih mudah. Karena bagian komponennya dapat dipisahkan.

“2-pieces itu ada dua macam. Ada yang barrelnya jadi satu dengan palang atau barrelnya jadi satu dengan lips (bibir velg). Lebih ke penampilan sih, jadi bagiannya bisa dilepas diganti model lain atau bisa mempermudah melebarkan lebar velg,” ucap Ahmad Morteza dari toko velg dan ban Rotors Work yang berlokasi di Ruko Villa The Lima, jalan Raya Kranggan, Bekasi.

Terakhir adalah velg jenis 3-pieces. Sama halnya dengan 2-pieces, jenis velg ini memungkinkan modifikator mengakses ragam pilihan desain dengan mudah. Karena ketiga vagian yakni barrel, palang dan lips dapat dilepas secara terpisah. Jenis ini sendiri juga memiliki beberapa varian tergantung produsen yang membuatnya.

“Kalau fungsi sama ya, hanya saja 3-pieces lebih mahal dari 2-pieces. Biasanya 3-pieces itu memang dipilih karena kemudahan untuk mengganti tanpa harus semuanya. Misal lipsnya ternyata rusak, tinggal ganti lipsnya saja,” jelas Ahmad

About the Author

Chat with me