Melaburkan Goresan Kecil di Body Mobil

Melaburkan Goresan Kecil di Body Mobil

Garis-garis atau goresan tipis di body mobil kerap membuat penampilan kurang maksimal. Apalagi bekas cat mobil atau motor yang tertinggal saat bersenggolan.

Beberapa kalangan berupaya menghilangkan dengan cara manual yakni menyamarkannya menggunakan compound. Namun langkah tersebut kurang populer karena bisa memudarkan cat.

Buktinya bisa langsung Anda lihat pada kain yang dipakai untuk menggosok permukaan body. Biasanya cat lunturan warna melekat pada kain.

Sekarang sudah alternatif produk cairan yang bisa menyamarkan goresan tanpa memudarkan cat. Tinggal perhatikan spesifikasi obat biasanya tertera tulisan “scratch remover“.

Cara menggunakannya pun mudah.

1. Cuci mobil hingga bersih dengan sampo untuk mengangkat minyak yang menempel di permukaan cat. Keringkan dengan plas chamois.

2. Siapkan dua lap bersih. Tuang cairan di goresan lalu gosok dengan lap. Diamkan beberapa menit lalu usap menggunakan lap bersih. Bukti bahwa obat tersebut bagus bisa dilihat pada kain yang sudah dipakai, tidak ada lunturan cat seperti saat menggunakan compound.

3. Lakukan hal sama pada bagian lain.

4. Untuk goresan yang agak lebar, lakukan berulang dengan memberikan sedikit tekanan. Jangan terlalu keras karena bisa membuat bodi penyok.

Langkah serupa juga bisa dilakukan untuk menghilangkan cat mobil atau motor yang menempel saat bersenggolan. Untuk “luka” yang cukup dalam (robek) tidak bisa dengan cara ini.

Dijelaskan obat tersebut hanya bersifat menyamarkan bukan menghilangkan goresan. Kelebihannya tidak menyebabkan cat pudar. -KompasOtomotif

About the Author

Chat with me