Kapan Waktu Tepat Mengganti Ban?

Kapan Waktu Tepat Mengganti Ban?

Meski waktu penggantian berbeda-beda, ban mobil tentu memiliki tanggal kedaluwarsa. Ada yang mengatakan setidaknya jika sudah digunakan selama enam tahun ban diganti dan harus segera diganti setelah 10 tahun pemakaian.

Di ban sendiri terdapat kode-kode angka yang menunjukan umur ban. Namun sebenarnya berapa lama seorang pengendara harus mengganti bannya?

“Sulit mengatakan berapa lama ban bisa awet karena tiap ban berbeda,” ungkap juru bicara asosiasi produsen ban Amerika (USTMA), Dan Zielinski di Car and Driver

“Beberapa pabrikan ban ada yang menawarkan garansi hingga 80.000 mil atau lebih untuk membuktikan bannya tahan lama berkat teknologi dan desain yang diusungnya. Namun beberapa ban ada yang hanya 30.000 mil saja,” sambung Dan.

Di Amerika sendiri setiap tahunnya rata-rata pengendara berkendara sekitar 14.000-15.000 mil atau sekitar 22.000-24.000 km. Jika si pengendara rajin memeriksa dan merawat ban sebenarnya tak perlu menggantinya setahun sekali karena saat ini rata-rata ban bisa tahan hingga 96.000-an km.

Dan juga menyarankan pengendara bisa menghitung kapan waktunya mengganti ban. Misalnya saja berapa km jarak yang ditempuh setiap tahunnya dibagi dengan tahun kepemilikan mobil.

About the Author